KAMAJAYA Bersama OIKN Gelar Seminar Nasional Tentang Pengelolaan Gedung, Kawasan serta Perkotaan IKN

Krjogja.com – SLEMAN – Keluarga Alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta (KAMAJAYA) bersama Direktorat Pengelolaan Gedung, Kawasan & Perkotaan Otorita IKN (OIKN) menggelar Seminar Nasional serta Sosialisasi Level of Service (LoS) Pengelolaan Gedung & Kawasan Perkotaan yang hijau, cerdas, serta berkelanjutan pada pada Sabtu, 16 Maret 2024 di Kampus II Gedung Thomas Aquinas Atma Jaya Yogyakarta.

Seminar Nasional ini bertujuan untuk menjadi salah satu media utama dalam mensosialisasikan, mendiskusikan, serta memahami Level of Service (LoS) Pengelolaan Gedung, Kawasan serta Perkotaan pada Ibu Kota Nusantara.

Dalam konferensi pers Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR RI, Irwan Suprijanto menjelaskan, ”IKN baru ini kita ingin membangun tata kelola yang lebih baik untuk generasi yang kedepan. IKN seperti kota masa depan tidak hanya dibangun namun harus dikelola dan dipelihara seperti konsep Green and Smart.”

Lebih lanjut Irwan menyampaikan dalam seminar ini sudah terbentuk Level of Service sebagai acuan dalam pengelolaan IKN serta ingin menunjukan ke masyarakat luas bahwa IKN sudah siap untuk dikelola, tidak hanya gedung tapi sarana dan prasarananya.

Pembangunan IKN terdiri dari 80% berasal dari KPBU dan 20 persen APBN. “Dengan 80% dari KPBU supaya memiliki standar yang sama, dokumen cost inilah yang akan menjadi standar LoS agreement pada saat swasta akan masuk dan memiliki standar yang sama dengan apa yang telah dibangun sebelumnya,” jelasnya lebih lanjut.

Dalam sosialisasi LoS ini juga menjelaskan standar bagi pengelolaan aset serta layanan guna menjaga kualitas hidup di Ibu Kota Nusantara melalui implementasi standar kualitas layanan yang baik disertai pengukuran dan evaluasi berkala terhadap kualitas implementasinya sehingga terjadi proses perbaikan yang signifikan serta berkelanjutan dalam mewujudkan manajemen infrastruktur dan layanan perkotaan yang prima.

KAMAJAYA bersama OIKN berkomitmen untuk terus memperkuat kajian LoS sebagai living document terkait efektifitas dan efisiensi layanan pengelolaan yang smart, green dan berkelanjutan. (*)

sumber: https://www.krjogja.com/kampus/1244450445/kamajaya-bersama-oikn-gelar-seminar-nasional-tentang-pengelolaan-gedung-kawasan-serta-perkotaan-ikn

Tags:
No Comments

Post A Comment